Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi fase siklus hidup produk bisnis café dan mengidentifikasi strategi pemasaran Kedai Kopi Janji Jiwa Tondano Jilid 571.
Penelitian dilakukan selama 3 bulan dari bulan Juni 2023 sampai bulan Agustus 2023. Penelitian bertempat di Kedai Kopi Janji Jiwa Tondano Jilid 571, Kelurahan Liningaan, Kecamatan Tondano Timur, Kabupaten Minahasa.
Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari dokumen perusahaan, makalah-makalah seminar, dan literatur yang relevan dengan penelitian. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel penelitian yang diambil sebanyak 40 orang.
Hasil penelitian menunjukkan siklus hidup produk Kedai Kopi Janji Jiwa Tondano Jilid 571 berada di tahap kedewasaan, khususnya pada tahap kedewasaan stabil (stable maturity) yaitu penjualan yang sudah mencapai puncaknya atau masih bertumbuh ataupun menurun dan tidak memiliki target harian, bulanan maupun per tahun.
Strategi pemasaran berdasarkan aspek tempat dan aspek orang menjadi pilihan yang baik dari konsumen karena seluruh konsumen menjawab 100% baik, dan yang kurang baik terdapat dalam aspek promosi, karena kurangnya promosi yang dilakukan dan tidak banyak konsumen yang mengetahui.
- Siklus Hidup Produk Kedai Kopi Janji Jiwa Tondano Jilid 571 berada di tahap kedewasaan, khususnya pada tahap kedewasaan stabil (stable maturity) yaitu penjualan yang sudah mencapai puncaknya atau masih bertumbuh ataupun menurun dan tidak memiliki target harian, bulanan maupun per tahun.
- Strategi pemasaran berdasarkan aspek place/tempat dan aspek people/orang menjadi pilihan yang baik dari konsumen karena seluruh konsumen menjawab 100% baik, dan yang kurang baik terdapat dalam aspek promosi, karena kurangnya promosi yang dilakukan dan tidak banyak konsumen yang mengetahui.
Sumber:
Strategi Pemasaran Kedai Kopi Janji Jiwa Tondano Jilid 571 | AGRI-SOSIOEKONOMI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar