Rabu, 18 Juni 2025

Penerapan Strategi Marketing di Aplikasi Jiwa+ dalam Meningkatkan Penjualan Kopi Janji Jiwa.

Strategi adalah suatu proses arah penentuan rencana para pemimpin yang berfokus untuk tujuan jangka panjang organisasi, disertai dengan penyusunan suatu cara dan upaya bagaimana supaya tujuan tersebut dapat dicapai. Sedangkan strategi marketing merupakan strategi produk, penetapan harga, distribusi dan promosi dengan menyalurkannya ke pasar sasaran. Digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi. Penjualan merupakan suatu kegiatan transaksi yang dapat dilakukan oleh dua orang atau dua belah pihak dengan menggunakan alat pembayaran yang sah. Penjualan ditujukan untuk mengembangkan berbagai rencana strategis yang dapat di arahkan pada kegiatan usaha memuaskan kebutuhan dan juga keinginan konsumen untuk mendapatkan penjualan yang dapat menghasilkan laba dan keuntungan. Diperlukannya strategi marketing untuk menarik pelanggan menyukai dan membeli produk Kedai Kopi Janji Jiwa yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. 

Fokus penelitian yang peneliti lakukan yaitu bagaimana strategi marketing yang digunakan Kedai Kopi Janji Jiwa di aplikasi Jiwa+? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi marketing yang diterapkan di aplikasi Jiwa+ Kedai Kopi Janji Jiwa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kedai Kopi Janji Jiwa Jalan Letjend Suprapto, No.129 Kabupaten Jember. Teknik penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan menggunakan keabsahan data triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: 1) Strategi marketing yang digunakan Kedai Kopi Janji Jiwa yaitu 4P, meliputi produk (Product), harga (Price), Tempat (Place), promosi (Promotion). Semua strategi marketing diterapkan pada aplikasi Jiwa+. Tujuan diterapkannya strategi marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan. 2) Selain strategi marketing 4P, Kedai Kopi Janji Jiwa juga menggunakan digital marketing berupa aplikasi Jiwa+ yang digunakan untuk mempromosikan produknya dengan menerapkan strategi harga. Tujuan diterapkannya strategi digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan.

Sumber:

LISA DWI PUTRI_204105020116.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelang Data Analytics di Kemenkeu

Pengadaan Penyusunan Grand Design Pusat Data Analitik Pemberantasan Korupsi Ruang Lingkup: 1. Asesmen Kondisi Eksisting Decision Support ...