- ra manajer sukses dalam lingkungan global masa kini. Contoh perusahaan Molex merupakan contoh tepat dalam menempatkan orang dalam posisi yang tepat. Pada budaya Korea Selatan, menganut non etosentris dikalangan fungsi lini karyawan. Tetapi efek dari hal itu menimbulkan budaya polisentris pada kalangan jajaran manajemen atas. Maka pelaksanaan budaya geosentris tersegmentasi dalam kedua kalangan atas dan bawah. Dimana penerapan budaya geosentris banyak diterapkan pada lini bawah atau team karyawan pelaksana. Perusahaan tidak memandang asal usul budaya asal seseorang karyawan, melainkan kinerjalah yang berbicara. Pada sampai akhirnya membuat suatu batasan prospek berkarir di Korea Selatan, bagi ekspatriat tidak bisa berharap banyak menduduki manajemen jajaran atas. Tetapi tidak menghalangi memiliki pengalaman dan bereksplorasi berkarya di Korea Selatan menjadi sangat terbuka bagi sebagian bidang karir khususnya yang berbau teknologi dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Setelah memahami orientasi pasar global selanjutnya memahami manfaat dari dijalankannya strategi global adalah :
- Meningkatkan Ukuran Pasar
- Tingkat Pengembalian Investasi
- Skala Ekonomi dan Pembelajaran
- Keuntungan Lokasi
Seperti strategi non global dipahami bentuk dasar strategi global, yang terdiri dari :
1. Strategi tingkat bisnis internasional :
- Strategi Kepemimpinan Biaya Internasional
- Strategi Differensiasi Internasional
- Strategi Fokus Internasional
- Strategi Kepemimpinan Biaya/ Differensiasi Integratif Internasional
2. Strategi tingkat perusahaan internasional
- Strategi Multi Domestik
- Stategi Global
- Strategi Transnasional
Implementasi strategi memasuki pasar global bisa dipilih melalui cara :
- Export
- Pemberian lisensi, seperti yang dilakukan Coca Cola
- Aliansi strategi
- Akuisisi
- Anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya, seperti Danone
Diharapkan dengan strategi yang dipilih dapat menghasilkan daya saing strategis
- Diversifikasi dan laba internasional.
- Diversifikasi dan inovasi internasional, seperti China mengubah produk terkenal melalui inovasi.
- Kompleksitas pengelola perusahaan multinasional, seperti Amazon.
Risiko yang harus diperhatikan dalam bisnis global adalah :
- Risiko politik, berkaitan dengan ketidakstabilan pemerintahan nasional dan perang baik secara sipil maupun internasional
- Risiko ekonomi, berkaitan dengan perubahan kondisi makro ekonomi Internasional yang mempengaruhi bisnis Internasional
Sehingga peluang bisnis global dan hasil implementasi strategi global secara keseluruhan dipahami seperti skema pada gambar di bawah ini :
Kesimpulan :
Strategi global yang akan dijalankan berpatokan pada model strategy yang ada, dengan melihat peluang pasar global, strategy yang menyesuaikan dengan pasar global melalui cara dan kompetensi inti yang cocok dengan tetap mempertimbangan risiko bisnis yang terjadi pada bisnis global sehingga akan bersaing secara kompetitif guna mencapai tujuan (laba) melalui inovasi.
Sebagai contoh strategi cost leader yang dijalankan PT Djarum pada penjualan produk rokok di negara lain, produk rokok kretek Djarum berhasil diterima pasar luar karena memiliki citra rasa khas dengan tembakaunya yang asli banyak dikonsumsi di negara Amerika. Produk yang dipasarkan disesuaikan dengan kondisi kebutuhan konsumen. Cara PT Djarum memasarkan produknya dengan aliansi strategik dengan perusahaan lokal dan pabrik tetap ditempatkan di negara yang pekerjanya dengan upah kecil dengan tujuan untuk menekan harga produksi.
Referensi :
Iqbal, M. A., 2020. Strategic Management Chapter 11, Modul Kuliah MM UMB, Bekasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar