Kamis, 21 November 2024

Segmentasi Pasar

Menurut Kotler, segmentasi pasar adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.

Tahap Segmentasi Pasar

Berdasarkan pengertian tersebut segmentasi pasar bisa kita definisikan kedalam dua hal yaitu:

  • Penetapan Target Pasar, yaitu proses dalam mengevaluasi daya tarik dari berbagai segmen dan memilih salah satu diantaranya untuk dijadikan segmen yang akan dimasuki.
  • Penempatan posisi, yaitu upaya mengatur produk agar dapat menempati posisi pada benak konsumen yang jelas dan khas dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.

Tabel dibawah ini menunjukkan beberapa langkah dalam segmentasi pasar, penetapan target dan penempatan posisi pasar.

Segmentasi Pasar1.Mengenali basis yang digunakan untuk mensegmentasi pasar.
2.Menyusun Profil-profil segmen.
Penetapan Target Pasar3.Mengevaluasi daya tarik masing-masing Segmen.
4.Memilih segmen sasaran
Penempatan Posisi di Pasar5.Menyusun penempatan segmen-segmen yang ditargetkan.
6.Menyusun bauran pemasaran tiap-tiap segmen.

Tingkatan Strategi Segmentasi Pasar

Tingkatan strategi segmentasi pasar diantaranya terdiri dari Pemasaran Massal, Pemasaran Segmen, Pemasaran Relung dan Pemasaran Mikro.

  1. Pemasaran Massal, adalah memproduksi, mendistribusi dan mempromosikan secara masal kepada semua konsumen dengan produk yang hampir sama dan dengan cara yang hampir sama pula.
  2. Pemasaran Segmen, adalah membagi segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan atau lebih segmen tersebut.
  3. Pemasaran Relung, adalah membagi segmen dengan cara memfokuskan kepoada subsegmen (segmen yang lebih khusus/relung pasar) yang memiliki jumlah ciri bawaan yang khas dengan kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
  4. Pemasaran Mikro, adalah perancangan produk dan program yang sesuai dengan selera individu di setiap lokasi yang spesifik atau dengan kata lain adalah pemasaran lokal dan pemasaran individual. Pemasaran lokal adalah perancangan merek dan promosi untuk wilayah/pelanggan lokal, kota, pemukiman atau bahkan untuk yang spesifik. Pemasaran individual adalah perancangan produk beserta program pemasaran supaya tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Istilah ini juga sering disebut dengan pemasaran satu per satu (one to one marketing) atau pemasaran yang terdiri dari satu orang (market of one marketing) dan sesuai dengan kebutuhan dan pemasaran pasar yang.

Mensegmentasi Pasar Konsumen

Cara segmentasi pasar konsumen bisa dikelompokkan menjadi seperti berikut ini:

  1. Segmentasi Geografis, yaitu membagi pasar ke dalam unit geografis yang berbeda seperti contohnya kota, pemukiman, wilayah negara bagian, negara dan kabupaten.
  2. Segmentasi Demografis, adalah upaya untuk membagi pasar kedalam kelompok yang berdasarkan variabel usia, ukuran keluarga, pendapatan, agama, ras, pekerjaan dan kebangsaan.
  3. Segmentasi Psikografis, adalah upaya yang mengelompokkan pembeli menjadi berbeda atau berdasarkan kelas sosial, karakterisitik kepribadian atau gaya hidup (lifestyle).
  4. Segmentasi Perilaku, adalah membagi pasar menjadi kelompok yang berdasarkan kepada tanggapan atau penggunaan konsumen terhadap suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelang Data Analytics di Kemenkeu

Pengadaan Penyusunan Grand Design Pusat Data Analitik Pemberantasan Korupsi Ruang Lingkup: 1. Asesmen Kondisi Eksisting Decision Support ...