1. Promosi Konsumen
Promosi konsumen adalah promosi yang ditujukan pada konsumen akhir. Selengkapnya tujuan promosi konsumen adalah :
- Memikat konsumen mencoba produk baru
- Membujuk konsumen meninggalkan pesaing
- Membawa konsumen meningkat produk menua
- Mempertahankan & hadiah konsumen setia
- Membangun hubungan baik dengan konsumen
Alat promosi konsumen yang digunakan : contoh, kupon, pengembalian uang, paket harga, premium, iklan khusus, penghargaan, kontes, undian, permainan.
- Contoh, yaitu contoh produk yang secara cuma-cuma diberikan kepada konsumen dengan harapan mereka menerimanya serta menggunakannya, dapat diberikan secara langsung kepada konsumen atau digabungkan dengan produk yang sudah dikenal konsumen.
- Kupon, yaitu secarik kertas berstempel perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan pemotongan harga dalam membeli produk dengan harga yang lebih murah. Cara penyampaian kepada konsumen sama dengan contoh di atas yaitu dapat secara langsung atau disatukan dengan produk lain yang sudah dikenal.
- Pengembalian uang ganti rugi, yaitu produsen bersedia mengembalikan uang pembelian jika ternyata produk yang dijualnya tidak memuaskan lagi bagi konsumennya.
- Promosi harga, yaitu promosi harga dari harga biasa, konsumen dapat mengetahui langsung pada bungkus atau package dari produk yang dibelinya.
- Stempel perdagangan, yaitu pemberian kupon-kupon dengan cap dagang perusahaan pada waktu terjadinya pembelian barang. Apabila kupon sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, dapat ditukar dengan suatu barang di perusahaan tersebut.
- Demonstrasi, yaitu perbuatan nyata dari penjualan di hadapan pembeli di mana diperlihatkan serta dijelaskan cara-cara pemakaian ataupun kegunaan dan daya tahan suatu barang. Dengan cara tersebut pembeli dapat melihat bagaimana kebenaran dari tema iklan suatu produk dan manfaat apa yang akan diperoleh bila membeli produk tersebut.
- Persaingan, yaitu perusahaan memberi kesempatan kepada konsumen untuk memenangkan suatu undian yang diadakan oleh perusahaan tersebut.
2. Promosi Perdagangan
Dalam pemasaran, “bisnis atau perdagangan” mengacu pada hubungan antara produsen dan pengecer . Promosi Dagang adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara eceran antara dua mitra ini. Promosi Dagang adalah teknik pemasaran yang ditujukan untuk meningkatkan permintaan produk di toko ritel berdasarkan harga khusus, perlengkapan display, demonstrasi, bonus nilai tambah, hadiah tanpa kewajiban, dan banyak lagi. Promosi Perdagangan dapat menawarkan beberapa manfaat bagi bisnis. Toko eceran bisa menjadi lingkungan yang sangat kompetitif; promosi dagang dapat membantu perusahaan membedakan produk mereka dari pesaing. Perusahaan dapat menggunakan Promosi Dagang untuk meningkatkan visibilitas produk dan kesadaran merek dengan konsumen . Promosi Perdagangan juga dapat meningkatkan tingkat konsumsi suatu produk, atau jumlah rata-rata suatu produk yang digunakan oleh konsumen dalam periode waktu tertentu. Selanjutnya, Promosi Perdagangan yang efektif dapat memperbesar penetrasi segmen pasar suatu produk, atau total penjualan produk secara proporsional dengan persaingan kategori tersebut. Selain itu, perusahaan menggunakan Promosi Dagang untuk meningkatkan distribusi produk mereka di pengecer dan memperkuat hubungan dengan pengecer. Terakhir, Promosi Dagang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan peluncuran produk baru ke toko ritel.
Tujuan promosi perdagangan adalah :
- Membujuk Pengecer untuk menempatkan merek tertentu
- Memberikan lebih banyak ruang untuk merek tertentu
- Mempromosikan merek tertentu
- Mendorong Pengecer untuk menjual produk tersebut
Dalam promosi perdagangan yaitu promosi yang ditujukan kepada pedagang perantara dapat menggunakan alat promosi perdagangan seperti : penurunan harga, meminjamkan, garansi, barang gratis, kontes, penghargaan, tayangan, diskon, memberi uang, dan iklan khusus.
- Bantuan pembelian, yaitu potongan harga yang diberikan kepada penjual sehubungan dengan pembelinya dalam jangka waktu tertentu. Sifatnya ialah jangka pendek dan biasanya dilakukan pada perkenalan barang yang baru.
- Bantuan yang diharapkan, yaitu komisi yang diberikan oleh produsen kepada penjual untuk setiap produk yang dijualnya dengan maksud supaya penjual cepat mengisi persediaan barangnya. Berarti dalam hal ini penjual akan mendapatkan premi untuk produk yang keluar dari dalam gudangnya.
- Bantuan sebelum pembelian, yaitu potongan yang diberikan kepada penjual berdasarkan pembelian yang dilakukan sebelumnya, misalnya membeli dalam jumlah tertentu, kemudian membeli lagi.
- Bantuan barang dagang, yaitu penggantian kerugian yang diberikan oleh produsen kepada penjual terhadap produk yang tidak sesuai dengan yang berdasarkan kontrak yang dibuat sebelumnya.
- Kerjasama advertensi, yaitu advertensi yang dilakukan oleh penyalur, tetapi biasanya akan diganti oleh produsen dalam jangka waktu tertentu.
- Promosi daftar penjual, yaitu advertensi yang dilakukan oleh produsen yang menyebutkan bahwa produk dapat dibeli pada penjual-penjual tertentu. Jadi, dalam hal ini penjual juga dipromosikan kepada konsumen.
- Kontes penjual, yaitu dorongan yang diberikan oleh perusahaan dalam bentuk hadiah untuk penyalur atau para penjual yang menjual paling banyak.
- Muatan penjual, yaitu premi yang diberikan kepada penjual untuk pembelian sejumlah barang-barang.
- Display dalam toko adalah perlengkapan promosi di toko ritel. Variasi tampilan di dalam toko termasuk Display Point-of-Sale Display , yang terletak di dekat register kas untuk mendorong pembelian impulsif ; Stiker Lantai, atau iklan untuk produk di lorong toko; Menampilkan Fitur, yang dapat ditemukan di ujung lorong untuk menarik perhatian pada suatu produk; dan Rak Khusus, atau manipulasi rak toko untuk menyediakan lebih banyak ruang bagi suatu produk atau memberikan perhatian pada produk yang dipromosikan. Tampilan di dalam toko dapat dianggap lebih menarik secara visual bagi konsumen daripada produk saja di rak ritel.
Kesimpulan :
Promosi konsumen bertujuan untuk mendapatkan para pelanggan baru dan yang ada disaat ini agar mereka mencoba atau membeli produk, dan promosi perdagangan adalah penjualan yang dilakukan untuk mendorong perantara pemasaran dibandingkan kepada para konsumen. Para pemasar menggunakan promosi perdagangan untuk mendorong para peritel untuk menyimpan produk baru, melanjutkan membawa produk-produk yang sudah ada, dan mempromosikan baik produk baru atau yang sudah ada secar efektif kepada para konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar