Kamis, 21 November 2024

Blue Ocean Strategy

 Blue ocean strategy adalah strategi untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang selama ini sudah ada di pasar.

Dengan cara seperti diatas, blue ocean mendorong pelakunya untuk memasuki sebuah arena pasar baru yang potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Hal ini tentu berbeda dengan red ocean, dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama. Alhasil, yang acap terjadi adalah pertarungan yang berdarah-darah, lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan.

Dalam buku Blue Ocean Strategy, Kim dan Malborgne menyarankan para produsen untuk menghindari kompetisi yang sudah “overcrowded” (penuh sesak) dan terus saling baku hatam. Mereka menyebut kompetisi saling bunuh tersebut dengan Red Ocean atau samudra merah. Kim dan Malbougne mengkritisi perusahaan yang terlalu terfokus kepada competitive advantage.  Kim dan Malborgne mengatakan daripada berkompetisi dalam sebuah pertarungan yang tidak ada habisnya, kenapa perusahaan tidak menciptakan permitaan baru dalam samudra biru yang sepi pesaingan tersebut. Dengan mengusung value “innovation” menjadikan produk mereka.

Contoh :

  1. Yamaha dengan skutik Mio-nya. Dulu sebelum motor jenis ini muncul, pasar sepeda motor didominasi oleh jenis konvensional dengan Honda sebagai penguasanya. Melalui skutik Mio, Yamaha mengintroduksi motor dengan fitur yang berbeda secara radikal dengan produk yang selama ini ada di pasaran. Ia juga segera membidik segmen pasar baru (new market segment) yakni para pelanggan perempuan (female bikers). Dengan pendekatan blue ocean ini, saat itu praktis Yamaha berenang dalam arena pasar baru, yang tidak ada players lain didalamnya. Dengan mudah Yamaha memimpin pasar baru itu, dan itu terus bertahan hingga kini. Keberhasilan ini memang fenomenal, sebab melalui Mio-lah, Yamaha kemudian pelan-pelan merangsek singgasana yang sudah puluhan tahun digenggam sang jawara, Honda.
  2. iPod dari Apple yang merebut habis pasar musik digital. Produk iPod ini sungguh inovatif, dan sama sekali berbeda dengan produk sebelumnya, seperti walkman atau CD music player yang dikuasai oleh Sony. Digitalisasi musik adalah fitur kunci dari iPod, selain kemudahan penggunaannya. Dengan segera iPod menguasai pasar baru musik digital, dan jauh meninggalkan Sony yang terpuruk dalam debu keterpurukan dan luka kekalahan.
  3. Inovasi GO-JEK, perusahaan transportasi ini berhasil melakukan gebrak dalam industri transportasi nasional. Perusahaan yang telah berdiri sejak 2011 ini awalnya hanya memanfaatkan teknologi telepon rumah dan sms dalam melayani kosumen, berhasil melakukan gebrakan di awal tahun 2015 dengan menfaatkan aplikasi telepon genggam pintar yang sudah sangat populer di masyarakat urban kota besar. Go-Jek berhasil membuat perusahaan mapan macam Blue Bird ketar-ketir. Konsep bisnis Go-Jek sendiri memang mengadopsi sistem Uber diluar negeri. Sayangnya kolam yang semula dikuasai Go­-Jek mulai diisi para pesaing baru macam Grab Bike. Dari yang tadinya mengunakan strategi Blue Ocean, Go-Jek terpaksa melakukan strategic Competitive Advantage. Mazab yang dikenalkan oleh Michel Porter menekankan pada Cost Advantage dan Differentiation Advantage. Yang artinya bagi perusahaan mampu menghasilkan dan menyampaikan produk dan benefit yang sama atau bahkan lebih dengan perusahaan kompetitor. Perusahaan tersebut memperoleh laba terus menerus dan diatas rata-rata industri. Dengan strategi ini, Grab Bike berhasil mencuri pasar Go-Jek dalam waktu singkat. Sialnya kedua perusahaan tersebut juga mulai kedatangan musuh baru yaitu Uber. Alhasil terjadilah perang harga yang cukup sengit antara ketiga brand angkutan tersebut hingga sekarang. Ketiga perusahaan tersebut juga gencar mencari inovasi baru sesuai dengan selera pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelang Data Analytics di Kemenkeu

Pengadaan Penyusunan Grand Design Pusat Data Analitik Pemberantasan Korupsi Ruang Lingkup: 1. Asesmen Kondisi Eksisting Decision Support ...