Alat promosi pemasaran yang sering digunakan dalam mengkomunikasikan produk menurut Kotler dan Keller (2008:174) adalah :
- Periklanan (Advertising)
- Penjualan Personal (Personal Seling)
- Pemasaran Langsung (Dirrect marketing)
- Promosi Penjualan (Sales Promotion)
- Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity)
Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
Pemasaran langsung akan menghasilkan beberapa respon dari target konsumen yang dibidik, diantaranya adalah:
- Inquiry : sebuah respon dari target konsumen dengan memberikan informasi yang penting guna melakukan observasi dan atau eksperimen untuk menemukan solusi terhadap sebuah masalah.
- Dukungan : respon dalam bentuk dukungan yang diberikan oleh target konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Hal ini bisa juga sebagai apresiasi dari konsumen terhadap proses direct marketing yang kita terapkan.
- Pembelian : respon dari konsumen yang berminat dengan produk yang ditawarkan dan kemudian melakukan pembelian.
Direct marketing berbeda dengan personal branding, promosi penjualan, dan public relations. Kegiatan pada direct marketing ini dilakukan tanpa adanya perantara sehingga akan memangkas biaya promosi dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
Menurut Kotler dan Keller (2008 : 240), pengertian pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai berbagai media iklan untuk berinteraksi secara langsung dengan target konsumen. Biasanya interaksi ini dilakukan melalui telepon, email, atau bertemu langsung dengan konsumen untuk mendapatkan respon langsung.
Meskipun beragam bentuknya, karakter umum (keunggulan) dari pemasaran langsung adalah sebagai berikut (Kotler dan Keller, 2008:241) :
- Non publik, pesan biasanya ditujukan kepada orang tertentu.
- Disesuaikan ( customized), pesan dapat disiapkan untuk menarik orang yang dituju.
- Terbaru ( up-to-date), pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat dan sesuai kondisi.
- Interaktif, pesan dapat diubah tergantung pada tanggapan orang tersebut
Manfaat pemasaran langsung bagi pelanggan dan perusahaan :
Pelanggan | Perusahaan |
|
|
Menurut Kotler, ada beberapa bentuk (saluran pemasaran) dari direct marketing yang bisa dilakukan diantaranya adalah :
Online Marketing
Online Marketing termasuk pemasaran secara langsung (direct marketing) karena dilakukan dengan cara melakukan promosi menggunakan media sosial dengan langsung menawarkan produk atau promo yang dibuat. Contohnya menggunakan Facebook Ads atau AdWords yang tentunya akan memberikan potensi pemasaran produk yang sangat besar. Kelebihan pemasaran langsung online marketing yaitu dapat memberikan pelayanan penuh dan juga jangkauan luas sampai kepelosok dunia.
Manfaat pemasaran online untuk konsumen dan perusahaan :
Konsumen | Perusahaan |
|
|
Penjelasan :
Manfaat bagi konsumen :
- Nyaman, konsumen lebih nyaman mengetahui suatu produk melalui internet misalnya melalui HP konsumen dapat mengetahui informasi produk yang bagian dari promosi yang sedang digencarkan suatu perusahaan mempromosikan produknya. Nyaman dalam arti lain konsumen tidak perlu mendatangi toko yang untuk melihat promosi dari suatu produk.
- Informatif, konsumen dapat mengetahui informasi suatu produk melalui media internet atau mobile, dan lebih informatif bila didukung sales support online apabila informasi lebih yang ingin ditanyakan dapat menanyakan melalui sales support tersebut.
- Hemat tenaga, konsumen tidak perlu mendatangi suatu toko atau counter untuk mengetahui informasi produk yang sedang promosi dan melalui internet atau mobile konsumen kapan pun dan dalam waktu santainya dapat mengetahui informasi suatu merek yang sedang promosi.
Manfaat bagi perusahaan :
- Membangun hubungan baik, dengan pemasaran online membangun yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu. Pemasaran online dengan menggunakan email dan lain sebagainya dapat membantu menargetkan pesan, bisa menggunakan kelompok sosial untuk menjaring sebuah jaringan dan berkomunikasi secara terus menerus.
- Dekat dengan audiens, internet tersedia untuk bisa diakses setiap saatnya. Pelanggan bisa mengunjungi situ tempat yang dipergunakan untuk memasarkan produk milik perusahaan kapanpun dan dimanapun juga selama mereka bisa mendapatkan akses internet. Teknik pemasaran online dapat digunakan secara asinkron, yang berarti audiens tidak harus dibatasi oleh geografi. Untuk memenuhi calon klien atau kontak secara langsung dalam melakukan dalam perjalanan dan menyingkronkan dengan jadwal dengan semua biaya yang mungkin diperlukan. Berbicara di acara industri misalnya, bisa menjadi cara ampuh untuk membangun reputasi perusahaan dan seringkali bermanfaat.
- Cepat menyesuaikan dengan pesanan. Organisasi lebih mudah dan sederhana, tidak perlu memajang produk secara fisik namun menyediakan katalog maupun daftar barang dan deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Hal ini menjadi tidak membutuhkan banyak karyawan penjual dan perusahaan hanya memerlukan karyawan penjual yang bertugas menangani pemesanan secara online dan karyawan di bidang pengiriman barang. Kemudahaan mengelola barang, jika menjual produk secara online dengan memanfaatkan website sendiri maka sistem manajemen situs akan menyediakan sistem pengelolaan barang serta pergudangan. Hal ini bisa dengan mudah melihat stok barang, tidak membutuhkan etalase dan hanya menjual berdasarkan pesanan sehingga mempermudah dalam mengelola baranf dagangan. Pelayanan lebih fokus, pelaku bisnis tidak perlu khawatir akan banyak pelanggan yang tidak terlayani, karena sistem komputer dapat menampung semua pesanan dan perusahaan hanya melayani para pelanggan yang akan melakukan pembelian.
- Rendah biaya. Biaya pemasaran online relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Pemasaran bisa dilakukan dengan cara memajang produk di website milik sendiri atau website milik pihak lain (seperti: marketplace Bukalapak.com, Tokopedia.com) dan perusahaan bahkan dapat memanfaatkan website atau blog gratis yang ada di situs-situs tertentu, tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan dan cetak materi sehingga biaya operasional relatif rendah.
- Aspek lain seperti : kemudahan memilih target pasar. Perusahaan bisa menawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum maupun media sosial, perusahaan dapat memasang iklan secara gratis atau berbayar dengan menggunakan kata kunci tertentu. Hal ini membantu perusahaan dalam memilih target pasar yang potensial. Cepat menentukan target,dengan kecanggihan teknologi pemasaran perusahaan dapat menyasar dengan tepat calon konsumen yang tertarik atau membutuhkan produk perusahaan. Teknologi saat ini mampu membuat calon konsumen memberikan informasi mereka secara sukarela sehingga perusahaan dapat melacak apa yang memang mereka butuhkan secara tepat.
- Keuntungan lain dengan pemasaran online adalah : riset pasar lebih mudah, dapat diukur rela time misal dengan bantuan Google Analytics, meraih untung lebih besar, mencapai pertumbuhan lebih cepat sebagai contoh perusahaan yang menghasilkan antara empat puluh lima puluh sembilan persen prospek online meningkat empat kali dari jumlah yang tidak memiliki prospek online.
Kesimpulan :
- Pemasaran langsung mempunyai kelebihan dibanding promosi lain karena langsung sehingga murah dan uptodate dari respon konsumen sehingga lebih cepat ditindaklanjutin.
- Pemasaran online merupakan bagian atau jalur pemasaran langsung dan mempunyai kelebihan dalam hal mengatasi masalah jangkauan jarak dan waktu, lebih cepat dan lebih murah dibanding cara lain dalam pemasaran langsung.
- Baik pemasaran langsung (tanpa perantara) atau pemasaran online (dengan bantuan internet/mobile) memberi manfaat kepada konsumen dan perusahaan dalam mengkomunikasikan produk/merek (dari perusahaan) kepada konsumen dengan lebih cepat, lebih murah dan lebih informatif dibanding metode lainnya.
- Pemasaran langsung adalah media yang paling efektif dibanding media komunikasi pemasaran lainnya, pemasaran online adalah cara yang paling efektif dan efesien dibanding bentuk lain dalam pemasaran langsung.
Referensi :
- Kotler P. dan Keller K.L. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga
- Kotler P. 1991. Marketing. Jakarta : Pernerbit Erlangga
- Panuju R. 2000. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Gramedia
- Hermawan A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar